Sejarah dari Penemu Balon Udara

Balon udara mungkin sudah kita tahu mulai saat yang lama jika dihitung dari saat ini. Namun mungkin tidak banyak yang tahu nama penemu balon udara dan proses ditemukannya balon udara ini. Penemu balon udara yaitu Joseph-Michel Montgolfier dan Jacques-√Čtienne Montgolfier. Pendakian berawal yang pertama balon udara ini membawa Etienne ke langit.

Pengakuan itu atas prestasi mereka dibuat dengan mengangkat ayah mereka yaitu Piere menjadi bangsawan yang dibuat oleh Louis XVI, sang kaisar Perancis. Proses menemukan balon udara ini dimulai dari pengamatan pembakaran kertas yang kemudian potongan kertas pada atas api terbawa ke atas hingga ke atas cerobong asap.
sejarah-penemu-balon-udara
Percobaan ini diulangi pada luar pada satu tas yang akhirnya tas ini juga mampu melayang sebelum akhirnya jatuh lagi. Dengan dibuatnya percobaan, akhirnya balon udara ini sukses juga terbang walau dalam perjalanannya sempat ada yang tewas dalam perjalanan terbang yang pernah dibuat. Hal ini menjadi hal yang agak menurunkan kepercayaan.

Balon udara ada dua macam yaitu balon udara balon udara yang memakai udara panas dan balon udara yang memakai udara ringan. Balon udara yang memakai udara ringan yaitu hydrogen relative merupakan balon udara yang berbahaya karena sifat hydrogen mudah terbakar. Bahan bakar udara ringan lainnya yang lebih aman yaitu helium namun gas helium ini tidak murah walaupun aman.

A. Balon Udara dengan Udara Panas

Balon udara jenis ini merupakan balon udara yang sejenis dengan yang ditemukan oleh Montgoldier bersaudara. Dengan memakai jenis balon ini mulai diketahui bahwa kondisi hampa udara pada ketinggian tertentu adalah berbahaya. Pada balon jenis ini juga diangkut satwa yang saat turun ditemukan ada yang luka. Karena adanya percobaan dari Montgolfier bersaudara ini, semua manusia Perancis menjadi gila balon.

B. Balon Udara dengan Udara Ringan

Pada perkembangannya, balon udara kemudian diisi dengan udara ringan. Jenis bahan bakar yang dipakai yaitu udara ringan yang dua jenis gas yang dipakai yaitu hydrogen dan helium. Satu professor juga mengkaji teori pemakaian gas ringan dan mampu menaikkan balon ke angkasa sebelum akhirnya balon ini digempur warga pada saat tiba pada darat. Beberapa percobaan lain pun dibuat dan rekor penerbangan tertinggi yaitu 51,8 kilo meter.

Pada perkembangannya, balon udara ini menjadi memiliki banyak manfaat usai ditemukan oleh penemu balon udara seperti dipakai pada pariwisata, promosi, menyelidiki cuaca, dan beberapa hal lainnya seperti alat intai di udara. Berbagai percobaan dibuat supaya mampu membuat balon udara menjadi lebih unggul. Beberapa riset yang ada mengubah materi pembuat balon udara ini yang hasilnya dicoba oleh beberapa manusia.

Riset yang mengubah tekanan kabin juga pernah dibuat. Riset supaya mampu menghasilkan inovasi juga ada diberi biaya oleh pemerintah Amerika lewat U.S. Office of naval research. Perkembangan dihasilkan oleh Ed vost yang datang dengan ide pembakar yang memakai metana yang dipakai hingga saat ini yang menjadi tambahan dalam ilmu pengetahuan alam yang ada. Sekian yang dapat diberikan pada Penemu Balon Udara yang semoga bermanfaat.