Informasi Prinsip Cara Kerja Balon Udara

Prinsip cara kerja balon udara – Balon adalah sebuah kantung fleksibel yang umumnya berisikan gas seperti helium, hidrogen, nitrogen monoksida dan udara.

Balon udara panas yaitu sebuah balon yang memiliki massa jenis udara yang berbeda dengan udara disekitarnya. Prinsip cara kerja balon udara merupakan ide awal dibalik teori sekarang yang telah ada sejak lama yaitu Archimedes.

Ia seorang ahli matematika Yunani kuno telah menggambarkan prinsip mengapung lebih dari 2000 tahun yang lalu. Pada abad ke-13, peneliti Inggris Roger bacon dan filsuf jerman Albertus Magnus, keduanya pernah menyampaikan teori tentang mesin terbang.
prinsip-cara-kerja-balon-udara-dengan-burner

Prinsip Cara Kerja Balon Udara dengan Berbagai Jenis Komponennya

1. Prinsip Cara Kerja Balon Udara dengan Envelope

Envelope berisi udara/gas ringan (seperti Gas Hidrogen) yang berfungsi mengangkat balon udara dari landasannya. Bentuknya berupa kantong pada balon tempat udara dipanaskan. Envelope ini biasanya terbuat dari bahan nilon dan diperkuat dengan panel-panel yang di anyam. Karena nilon ini tidak tahan api, maka bagian bawah envelope di lapisi dengan bahan anti api (skirt).

Balon udara terbang dengan memanfaatkan perbedaan berat udara dengan jalan memanaskannya. memanaskan udara di dalam balon agar lebih panas dari udara di luarnya karena udara yang lebih panas akan lebih ringan karena masa jenis udara yang ada didalam balon lebih ringan dari udara di luar.

2. Prinsip Cara Kerja Balon Udara dengan Burner

Burner merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan udara di dalam Envelope. Burner di letakan di atas kepala penumpang dekat ke mulut envelope. Burner ini mengatur tekanan dalam kantung udara agar balon dapat terbang dengan ketinggian yang diharapkan. Untuk terbang, di dalam envelope di panaskan dengan burner dengan temperature sekitar 100 derajat Celcius.

Udara panas ini akan terperangkap di dalam envelope. Karena udara panas ini masa per unit volumenya lebih sedikit membuatnya lebih ringan sehingga balon udara pun akan bergerak naik di dorong oleh udara yang bertekanan lebih kuat. Untuk mendarat, udara didinginkan dengan cara mengecilkan burner.

Udara yang mulai mendingin di dalam envelope membuat balon bergerak turun. Untuk mempercepatnya, pilot akan membuka katup parasut (parachute valve) sehingga udara di dalam envelope lebih cepat dingin. Karena balon udara hanya bisa naik dan turun (bergerak secara vertikal) sedangkan cara balon udara berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain (bergerak secara horizontal). Pilot memanfaatkan hembusan angin untuk bergerak secara horizontal.

3. Prinsip Cara Kerja Balon Udara dengan Basket

Basket atau kabin penumpang, terletak di bawah kantung udara merupakan tempat awak mengendalikan balon udara atau penumpang yang menikmati penerbangan balon udara. Basket dibuat dari bahan yang ringan dan lentur.

Demikianlah cara kerja balon udara yang sering membuat orang penasaran dan kini anda pun sudah mengetahui bagaimana cara kerjanya.