Cara Membuat Balon Udara Sederhana Mini

Cara membuat balon udara sederhana mini sering dipakai dalam acara khusus saat malam hari. Biasanya dalam suatu perayaan, ada ratusan balon udara mini yang dilepaskan ke udara sehingga bisa menerangi malam dengan cahaya temaramnya.

Cara membuat balon udara mini inipun ternyata sangat muah. Berikut ini adalah cara membuat balon udara mini secara sederhana.
Cara membuat balon udara sederhana mini

Tips Cara Membuat Balon Udara Sederhana Mini

1. Membuat rangka balon udara mini

Langkah pertama adalah membuat rangka dasar balon udara mini. Hal ini penting karena di rangka inilah nantinya parasut atau balon udara akan menempel. Untuk itu pembuatan rangka perludibuat sedikit lebih kuat.

Rangka balon udara mini ini bisa dibuat dari bilah bambu kecil. Kemudian, bilah bambu ini dipanasi agar bisa melengkung membentuk lingkaran. Untuk ukuran diameter lingkaran, bisa menggunakan ukuran sekitar 30 cm.

Langkah selanjutnya adalah membuat rangka persilangan di dalam lingkaran ini. rangka persilangan ini bisa dibuat dari 2 bilah bambu yang keduanya disilangkan. Persilangan kedua bilah bambu ini ditempatkan tepat di tengah lingkaran.

Lalu ujung dari bambu yang disilangkan tepat menempel pada lingkaran. Langkah selanjutnya adalah mengikat ujung dari persilangan bilah bambu dengan lingkaran.

2. Membuat parasut balon udara mini.

Untuk parasut balon udara mini ini, bisa memakai kertas tahan api maupun plastik tahan api. Untuk contoh ini kita pakai plastik tahan api saja. Langkahnya adalah menempelkan bagian tepi plastik yang terbuka ke sekeliling rangka lingkaran yang suah dibuat sebelumnya. Agar lekat menempel bisa menggunakan lem sehingga plastik bisa melekat dengan sempurna.

Usahakan tinggi plastik cukup untuk udara sehingga nantinya bisa mengembang dengan sempurna. Semakin tinggi plastiknya bearti semakin banyak tempat untuk udara.

3. Membuat sumber api.

Sumber api penting dalam balon udara mini sebagai sumber pengisi udara panas ke dalam parasut. Udara panas inilah yang akan membuat balon udara bisa terbang ke angkasa. Untuk sumber api ini bisa menggunakan simpul kain. Simpul kain ini bisa dibasahi dengan alkohol atau dicelupkan ke dalam lelehan lilin panas selama 3 sampai 5 menit.

Kemudian setelah lilinnya mengeras, simpul kain ini diletakkan di tengah persilangan bambu tadi. Di sekitar bamboo bisa dilapisi dengan isolasi ataupun alumunium foil agar nantinya bambunya tidak terbakar.

Ketika rangkaian balon udara ini sudah jadi, lalu langkah selanjutnya adalah menerbangkan balon udara mini ini. Sebelum terbang, sumber api dari simpul kain tadi harus dibakar terlebih dahulu sambil balon di angkat dari tanah.

Setelah api sudah menyala, tetap pegang balon sambil dibantu agar bisa mengembang dengan sempurna. Kita tunggu dahulu sampai parasut plastiknya bisa mengembang.

Untuk mengetahui apakah balon sudah bisa terbang atau belum, bisa dengan melepas perlahan-lahan pegangan kita pada balon. Ketika sudah siap terbang balon udara mini sederhana ini akan perlahan mengambang kemudian naik dan terbang di udara.

Sekian yang dapat disampaikan dalam cara membuat balon udara sederhana mini yang semoga bisa bermanfaat.