Cara Membuat Balon Gas Yang Sering Dilakukan

Cara membuat balon gas – Produk temuan Josep dan J. Montgolfier yang berupa balon gas memberikan hiburan kepada masyarakat hingga kini. Masyarakat tampaknya masih menyukai penampilan keindahan balon gas.

Dahulu balon gas banyak dibuat dalam bentuk besar yang digunakan sebagai alat bantu terbang. Lambat laun, itu berubah menjadi hiburan yang sangat menawan. Dari masa ke masa, penampilannya kian berkembang.

Di Indonesia balon gas sering diidentikkan dengan perayaan-perayaan dimana pada agenda tersebut masyarakat merilis balon gas besar dengan dipertontonkan pada tempat umum, misalnya pada saat hari raya. Tidak hanya acara itu saja, masih banyak acara yang lain yang menggunakan hiburan pelepasan balon gas.

Cara Membuat Balon Gas Yang Sering Dilakukan

Yang paling banyak dilihat di masa sekarang adalah pelepasan peresmian suatu acara. Pada momentum tersebut, balon gas selalu hadir memeriahkan suasana. Banyak orang hanya menyukai penampilan balon gas tanpa mengetahui begitu sederhananya cara membuat balon gas yang sering dilakukan di masyarakat. Cara itu dapat diklasifikasikan kedalam dua kategori, yakni balon besar dan balon kecil.

Tips Cara Membuat Balon Gas Yang Sering Dilakukan

Pembuatan Balon Besar

Proses pembuatan balon ini cukup sederhana namun membutuhkan tenaga yang cukup besar. Karena ukurannya yang besar sehingga lebih memerlukan banyak tangan yang membantunya.

Untuk balon besar dengan tipe plastik atau kertas, mereka harus membuatnya dengan langkah-langkah berurutan, dari pemotongan hingga pengeleman.

Pertama, potong bagian-bagian kertas dimana semua itu di desain untuk menjadi bentuk bulat besar.

Warna yang diinginkan sesuai dengan selera atau kondisi dimana balon tersebut digunakan. Jika untuk acara yang bertemakan chinese, maka warna yang tepat adalah warna merah.

Setelah semua bagian dilem atau direkatkan dengan kuat, maka bagian paling akhir adalah membuat lingkaran bawah dengan diikat kawat secara menyilang di dalam lingkaran tersebut.

Cara mengoperasikannya adalah dengan cara membakar balutan kain dan diangkat hingga balon membumbung dan menggelembung ke atas. Setelah itu balon siap dilepas dengan pembakaran yang sempurna. Ketika balon sudah terbang, kepuasan tampilannya sangat mempesona perhatian masyarakat.

Pada balon gas plastik buatan pabrik, bahan bakarnya adalah gas. Gas tersebut dapat dibeli di toko gas. Dengan memompakan gas, balon ini dapat melambung dan terbang. Penggunaan balon ini biasanya untuk acara lembaga atau perusahaan.

Pembuatan Balon Kecil

Balon gas kecil dapat dijumpai pada penjual balon keliling yang sering lewat di depan rumah anda. Namun sebenarnya para orang tua tidak perlu menanti penjual balon untuk dapat menerbangkan balon kecil. Kalau penjual sering menggunakan tabung gas sebagai media pemompa balon agar balon dapat terbang. Sekarang ada cara yang lebih mudah dan sederhana tanpa anda harus membeli tabung gas seperti yang dimiliki penjual balon, tentunya sangat mahal.

Pertama, anda siapkan satu atau dua balon yang dapat anda beli di toko. Bahan lainnya adalah 1 sendok teh baking soda, 3 sendok, dan cuka. Mula-mula, anda masukkan baking soda ke dalam balon dengan menggunakan corong kecil dan masukkan cuka ke dalam botol. Tempatkan bibir balon ke ujung botol hingga rapat.

Yang terakhir, anda angkat ujung balon ke atas sampai baking soda jatuh ke botol mencapai cuka supaya dapat terjadi reaksi. Pada reaksi tersebut, anda akan melihat gelembung-gelembung yang membentuk gas pelepasan karbon dioksida (CO2). Dengan seperti itu, balon akan terpompa dengan sendirinya. Kemudian talikan ujung atau bibir balon dan ikat dengan benang atau tali. Maka balon kecil dapat menjadi mainan yang menghibur putra-putri anda.

Cara membuat balon gas tersebut cukup mudah dan anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Pada momen itu pun anda dapat belajar bahwa pengetahuan sekitar kita dapat menjadi hiburan khususnya untuk buah hati kita.